E-commerce Indonesia

[ HASIL ] Situs E-Commerce di Indonesia

Hello JAKPATers!

TOP E-COMMERCE

Kali ini JAKPAT mau share tentang hasil survey terakhir JAKPAT tentang Situs E-Commerce di Indonesia. Survey ini diikuti oleh 2092 Responden selama 3 hari. Survey ini melibatkan responden JAKPAT yang berasal dari provinsi-provinsi di Indonesia dengan proporsi sebagai berikut:p01

Melalui survey ini JAKPAT ingin mengetahui situs e-commerce mana yang paling sering dikunjungi dari masing-masing kategorinya. JAKPAT melakukan filter terlebih dahulu untuk mendapatkan segmen pembelanja online saja. Dari total responden, JAKPAT filter responden yang pernah mengunjungi situs e-commerce dan pernah berbelanja di situs e-commerce.

Dari 2092 responden sebesar 52.96% menyatakan belum pernah mengunjungi situs e-commerce, dan dari 986 responden yang menyatakan pernah mengunjungi situs e-commerce, 67.24% yang menyatakan pernah berbelanja di situs e-commerce atau sekitar 663 Responden

Terhadap pembelanja online tersebut JAKPAT minta mereka untuk memilih situs e-commerce yang pernah mereka kunjungi. Setiap pertanyaan mereka boleh memilih lebih dari satu situs, dan apabila tidak ada bisa menuliskan situs lain di lainnya. Apabila belum pernah mengunjungi situs e-commerce yang dimaksudkan, bisa memilih jawaban negatif/ belum pernah mengunjungi tipe situs yang dimaksud.

JAKPAT mengidentifikasi kategori e-commerce dalam survey ini menjadi tiga yaitu tipe shopping mall & marketplace, tipe fashion & beauty, dan tipe travel & ticket booking. 

Untuk kategori shopping mall dan market place Top 5 situs e-commerce yang sering dikunjungi oleh pembelanja online adalah Kaskus, Tokobagus, Lazada, Berniaga, Tokopedia.

Untuk kategori fashion dan beauty , 24.4% menyatakan belum pernah mengunjungi situs e-commerce dengan tipe fashion dan beauty. Hal ini disebabkan adanya kecenderungan pembelanja online yang mengunjungi situs tipe ini adalah mayoritas wanita dibandingkan pria. Dari yang menyatakan pernah mengunjungi situs e-commerce dengan tipe fashion dan beauty, 36% menyatakan pernah mengunjungi Zalora dan diikuti oleh Berry Benka (13.3%). Situs tipe serupa lain memiliki prosentase dibawah 10% termasuk Pinkemma ( 5.08%), Hijabenka (3.02%), Luxola (2.97%), VIP Plaza (2.41%) dan Hijup (2.11%).

Untuk kategori ticket and travel booking, Top 5 situs e-commerce yang sering dikunjungi adalah Airasia.com, Tiket.com, Traveloka.com, Lion Air, dan Garuda Indonesia.

Categories

E-commerce Indonesia

Share

Get valuable insight weekly

Consumer insights to empower your project, business, and marketing decisions.